Sabtu, 26 Maret 2016

Laporan kegiatan 2 : Mengajar Bimbel di Pos Dutasia Sitanala bersama TFI

Kegiatan BIMBEL di Pos Belajar Dutasia Sitanala dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
 
            


Kelas               : LA46
Dosen              : Yustinus Suhardi Ruman (D3094)
Waktu             : Kamis, 24 Maret 2016
Pukul               : 08.00-09.00 WIB
Lokasi             : Pos Belajar Dutasia Sitanala
PIC                  : Ibu Sriyatmo



Tim yang Hadir :
Ketua              : Jelvin Taniawan
Anggota          :
1.      Angelica
2.      Jonathan
3.      Reyvin Andrian
4.      Kornelius Ardian Chandra
5.      Kevin Gunadi











Tim yang Tidak Hadir :
            -



Bagian Isi :
A.      LandasanTeori
Indonesia sebagai suatu Negara pasti memiliki tujuan yang berfungsi sebagai pedoman untuk menjalankan pemerintahannya. Tujuan Indonesia sudah sangat jelas tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu:
1.    Memajukan kesejahteraan umum/bersama
2.    Mencerdaskan kehidupan bangsa
3.    Melindungi segenap bangsa dan seluruh wilayah tanah air Indonesia
4.    Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.
Tujuan Indonesia juga berarti merupakan hak warga Indonesia. Salah satu tujuan Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, namun sampai saat ini, masih banyak warga Indonesia yang belum/kurang mendapatkan pendidikan. Padahal sudah merupakan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini mungkin terlihat kecil, namun sesungguhnya memiliki dampak yang besar untuk Indonesia.
Jika banyak masyarakat yang belum/kurang mendapatkan pendidikan, bagaimana mereka bisa mendapatkan/memajukan kesejahteraan mereka? Jika banyak masyarakat yang tidak/kurang berpendidikan dan mereka tidak sejahtera, bagaimana mereka bisa merasakan hak mereka sebagai warga negara Indonesia? Mereka tidak akan merasakan pentingnya bernegara, dan jika hal itu dibiarkan, lama kelamaan Indonesia bisa saja hancur.
Oleh karena itu, sesuai dengan tujuan Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kami berharap kegiatan kami ini bisa bermanfaat dalam pencapain tujuan tersebut. Agar setiap warga Negara Indonesia bisa mendapatkan hak mereka, yaitu pendidikan yang cukup tanpa terhalang adanya status sosial, ekonomi, atau yang lainnya.

B.     Persiapan Kegiatan
Persiapan untuk pengajaran mingggu kedua ini tidak terlalu berbeda jauh dengan minggu kemarin. Kami berkumpul di satu spot yang sama sebelum berangkat ke lokasi dan sammpai disana dengan tepat waktu. Kami juga sudah mempersiapkan diri lebih baik lagi tentang materi yang akan kami ajarkan hari ini.
C.    Metode Pengajaran
Karena jumlah anak  yang tidak terlalu banyak, dan anggota kelompok kami cukup banyak, maka kami memilih metode pengajaran mentoring. Dibanding dengan metode class, dengan metode ini kami bisa lebih mudah mengenal setiap individu dan jika menggunakan metode class kita tidak akan tahu apakah sebenarnya materi yang kami ajarkan sudah tersampaikan kepada setiap anak atau belum, karena setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda. Dengan metode mentoring ini, kami bisa mengajarkan anak satu per satu, sehingga kamu bisa memastikan apakah materi kami sudah tersampaikan atau belum. Jika belum, kita bisa mengajarkan kembali anak tersebut tanpa mengganggu anak lainnya yang sudah mengerti materi tersebut. Namun karena waktu yang terbatas dan kemampuan daya tangkap yang berbeda, maka terkadang terdapat perbedaan jumlah materi yang diterima. Misalnya, kami sudah menyiapkan materi a,b dan c. Jika anak yang memiliki daya tangkap yang cepat, maka ia bisa menangkap semua materi yang kami siapkan, namun pada anak yang memiliki daya tangkap kurang cepat, untuk menyelesaikan setiap materi butuh waktu yang lebih lama, sehingga belum tentu semua materi bisa ia tangkap pada hari tersebut.

D.    Pengukuran Kinerja
Kami sudah melakukan evaluasi dan pengukuran terhadap kinerja kami baik secara individu maupun secara team dalam kegiatan ini. Evaluasi dilakukan oleh 2 pihak, yaitu pihak eksternal yang dalam konteks ini adalah perwakilan dari bimbel dan pihak internal yang tidak lain adalah dari dalam team kami sendiri.
             Menurut hasil evaluasi internal yang dilakukan oleh kami sendiri sebagai volunteer, kinerja kami dalam kegiatan kedua ini sudahlah lebih baik daripada pertemuan minggu lalu. Hal ini dibuktikan dengan kami mampu lebih baik lagi menangani jumlah peserta yang jumlahnya lebih banyak hadir ketimbang minggu kemarin. Para anak didik juga sudah mulai bisa beradaptasi dengan kami
             Lalu dari pihak bimbel sendiri, PIC bimbel memberikan nilai yang cukup bagus terhadap kami dan tidak ada kritik yang muncul terhadap kelompok kami.
Bagian Penutup :

A.   Hasil Kegiatan
Dikegiatan kedua kami ini, kami kembali menggunakan metode mentoring untuk mengajar di bimbel. Jumlah peserta yang datang pada hari ini lebih banyak daripada peserta minggu lalu. kami mengajarkan berbagai macam pelajaran meliputin matematika,b.indo,ips dan pkn. Ada pula 2 anak yang mendapat pelajaran agama Islam, namun kedua anak tersebut dipegang oleh ibu Yatmo sendiri karena tidak ada diantara kami yang memahami betul tentang pelajaran tersebut.
Berikut pembagian anak didik masing-masing volunteer pada kegiatan pertama ini :
Nama Volunteer
Jumlah Siswa
Kelas
Mata Pelajaran
Reyvin Andrian
2
4 SD
B.indo
Jelvin Taniawan
2
3 SD
IPS,PKN
Kevin Gunadi
2
4 SD
Matematika
Kornelius Ardian Chandra
2
5 SD
Matematika
Angelica
2
4 SD
Matematika
Jonathan
4
5 SD
Matematika,B.indo

                                Hasil yang diperoleh dari pertemuan kedua ini, anak-anak didik bisa lebih mengerti tentang pelajaran disekolahnya, terutama pelajaran matematika. Mereka juga meminta bantuan kami dalam mengerjakan pr sekolah mereka. Setelah selesai kami bantu, kami review kembali materinya dan respon dari mereka positif yang menandakan bahwa mereka sudah mengerti apa yang kami ajarkan.
B.     Kesimpulan
Kesimpulan yang kami dapat dari kegiatan ini adalah kami belajar bagaimana caranya mengabdi dan melayani masyarakat. Kami juga merasakan bagaimana turut serta dalam ikut mewujudkan tujuan bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan bangsa. Dengan adanya kegiatan ini kami dapat memetik nilai-nilai yang terkandung dalam mata kuliah CB kewarganegaran dalam kehidupan nyata.

C.     Next to Do
Hal-hal yang akan kami lakukan berikutnya adalah kami harus dapat lebih lagi mengembangkan pengetahuan dan pemahaman akan materi yang akan diajarkan. kami juga akan mempersiapkan lebih baik diri kami agar lebih baik saat mengajar serta kami juga akan mengajarkan tentang moral dan nilai-nilai norma terhadap anak-anak didik kami.
D.    Jumlah Peserta
Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan pertama ini total berjumlah 16 orang.


Foto kegiatan dan lembar evaluasi :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar