Kegiatan BIMBEL di Pos
Belajar Dutasia Sitanala dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama
Teach For Indonesia
Kelas : LA46
Dosen : Yustinus
Suhardi Ruman (D3094)
Waktu : Kamis, 24 Maret 2016
Pukul : 08.00-09.00
WIB
Lokasi : Pos
Belajar Dutasia Sitanala
PIC : Ibu
Sriyatmo
Tim yang Hadir :
Ketua : Jelvin Taniawan
Anggota :
1.
Angelica
2.
Jonathan
3.
Reyvin
Andrian
4.
Kornelius Ardian Chandra
5.
Kevin
Gunadi
Tim yang Tidak Hadir :
-
Bagian Isi :
A.
LandasanTeori
Indonesia sebagai
suatu Negara pasti memiliki tujuan yang berfungsi sebagai pedoman untuk
menjalankan pemerintahannya. Tujuan Indonesia sudah sangat jelas tercantum
dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu:
1.
Memajukan
kesejahteraan umum/bersama
2.
Mencerdaskan kehidupan
bangsa
3.
Melindungi segenap
bangsa dan seluruh wilayah tanah air Indonesia
4.
Ikut berperan aktif
dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan
kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.
Tujuan
Indonesia juga berarti merupakan hak warga Indonesia. Salah satu tujuan
Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, namun sampai saat ini, masih
banyak warga Indonesia yang belum/kurang mendapatkan pendidikan. Padahal sudah
merupakan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini mungkin terlihat
kecil, namun sesungguhnya memiliki dampak yang besar untuk Indonesia.
Jika
banyak masyarakat yang belum/kurang mendapatkan pendidikan, bagaimana mereka
bisa mendapatkan/memajukan kesejahteraan mereka? Jika banyak masyarakat yang
tidak/kurang berpendidikan dan mereka tidak sejahtera, bagaimana mereka bisa
merasakan hak mereka sebagai warga negara Indonesia? Mereka tidak akan
merasakan pentingnya bernegara, dan jika hal itu dibiarkan, lama kelamaan Indonesia
bisa saja hancur.
Oleh
karena itu, sesuai dengan tujuan Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, maka
kami berharap kegiatan kami ini bisa bermanfaat dalam pencapain tujuan
tersebut. Agar setiap warga Negara Indonesia bisa mendapatkan hak mereka, yaitu
pendidikan yang cukup tanpa terhalang adanya status sosial, ekonomi, atau yang
lainnya.
B.
Persiapan Kegiatan
Persiapan
untuk pengajaran mingggu kedua ini tidak terlalu berbeda jauh dengan minggu
kemarin. Kami berkumpul di satu spot yang sama sebelum berangkat ke lokasi dan
sammpai disana dengan tepat waktu. Kami juga sudah mempersiapkan diri lebih
baik lagi tentang materi yang akan kami ajarkan hari ini.
C.
Metode Pengajaran
Karena jumlah anak
yang tidak terlalu banyak, dan anggota kelompok kami cukup banyak, maka
kami memilih metode pengajaran mentoring. Dibanding dengan metode class, dengan
metode ini kami bisa lebih mudah mengenal setiap individu dan jika menggunakan
metode class kita tidak akan tahu apakah sebenarnya materi yang kami ajarkan
sudah tersampaikan kepada setiap anak atau belum, karena setiap anak memiliki
daya tangkap yang berbeda. Dengan metode mentoring ini, kami bisa mengajarkan
anak satu per satu, sehingga kamu bisa memastikan apakah materi kami sudah
tersampaikan atau belum. Jika belum, kita bisa mengajarkan kembali anak
tersebut tanpa mengganggu anak lainnya yang sudah mengerti materi tersebut.
Namun karena waktu yang terbatas dan kemampuan daya tangkap yang berbeda, maka
terkadang terdapat perbedaan jumlah materi yang diterima. Misalnya, kami sudah
menyiapkan materi a,b dan c. Jika anak yang memiliki daya tangkap yang cepat,
maka ia bisa menangkap semua materi yang kami siapkan, namun pada anak yang
memiliki daya tangkap kurang cepat, untuk menyelesaikan setiap materi butuh
waktu yang lebih lama, sehingga belum tentu semua materi bisa ia tangkap pada
hari tersebut.
D.
Pengukuran Kinerja
Kami sudah melakukan evaluasi dan
pengukuran terhadap kinerja kami baik secara individu maupun secara team dalam kegiatan
ini. Evaluasi dilakukan oleh 2 pihak, yaitu pihak eksternal yang dalam konteks
ini adalah perwakilan dari bimbel dan pihak internal yang tidak lain adalah
dari dalam team kami sendiri.
Menurut
hasil evaluasi internal yang dilakukan oleh kami sendiri sebagai volunteer,
kinerja kami dalam kegiatan kedua ini sudahlah lebih baik daripada pertemuan
minggu lalu. Hal ini dibuktikan dengan kami mampu lebih baik lagi menangani
jumlah peserta yang jumlahnya lebih banyak hadir ketimbang minggu kemarin. Para
anak didik juga sudah mulai bisa beradaptasi dengan kami
Lalu
dari pihak bimbel sendiri, PIC bimbel memberikan nilai yang cukup bagus
terhadap kami dan tidak ada kritik yang muncul terhadap kelompok kami.
Bagian Penutup :
A. Hasil
Kegiatan
Dikegiatan kedua kami ini, kami kembali
menggunakan metode mentoring untuk mengajar di bimbel. Jumlah peserta yang
datang pada hari ini lebih banyak daripada peserta minggu lalu. kami
mengajarkan berbagai macam pelajaran meliputin matematika,b.indo,ips dan pkn. Ada
pula 2 anak yang mendapat pelajaran agama Islam, namun kedua anak tersebut dipegang
oleh ibu Yatmo sendiri karena tidak ada diantara kami yang memahami betul
tentang pelajaran tersebut.
Berikut pembagian anak didik masing-masing
volunteer pada kegiatan pertama ini :
Nama Volunteer
|
Jumlah Siswa
|
Kelas
|
Mata Pelajaran
|
Reyvin Andrian
|
2
|
4 SD
|
B.indo
|
Jelvin
Taniawan
|
2
|
3 SD
|
IPS,PKN
|
Kevin Gunadi
|
2
|
4 SD
|
Matematika
|
Kornelius
Ardian Chandra
|
2
|
5 SD
|
Matematika
|
Angelica
|
2
|
4 SD
|
Matematika
|
Jonathan
|
4
|
5 SD
|
Matematika,B.indo
|
Hasil
yang diperoleh dari pertemuan kedua ini, anak-anak didik bisa lebih mengerti tentang
pelajaran disekolahnya, terutama pelajaran matematika. Mereka juga meminta
bantuan kami dalam mengerjakan pr sekolah mereka. Setelah selesai kami bantu,
kami review kembali materinya dan respon dari mereka positif yang menandakan
bahwa mereka sudah mengerti apa yang kami ajarkan.
B.
Kesimpulan
Kesimpulan yang kami dapat dari kegiatan ini adalah kami
belajar bagaimana caranya mengabdi dan melayani masyarakat. Kami juga merasakan
bagaimana turut serta dalam ikut mewujudkan tujuan bangsa Indonesia, yaitu
mencerdaskan bangsa. Dengan adanya kegiatan ini kami dapat memetik nilai-nilai
yang terkandung dalam mata kuliah CB kewarganegaran dalam kehidupan nyata.
C.
Next to Do
Hal-hal yang akan kami lakukan berikutnya adalah kami
harus dapat lebih lagi mengembangkan pengetahuan dan pemahaman akan materi yang
akan diajarkan. kami juga akan mempersiapkan lebih baik diri kami agar lebih
baik saat mengajar serta kami juga akan mengajarkan tentang moral dan
nilai-nilai norma terhadap anak-anak didik kami.
D.
Jumlah Peserta
Jumlah peserta yang hadir dalam
kegiatan pertama ini total berjumlah 16 orang.
Foto kegiatan dan lembar evaluasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar